Ulasan: Sony Xperia M2 Dual

Kategori:

Android Phone Review
Sponsored:
{[['']]}

"Review Sony Xperia M2 Dual - Smartphone menengah dengan tampilan premium dan performa bagus"

Spesifikasi yang dibawa Sony Xperia M2 Dual cukup meyakinkan diatas kertas yang ditujukan bagi pengguna kelas menengah. Menawarkan layar 4.8 inci dengan perlindungan Gorilla Glass 3 serta disokong chipset Snapdragon 400 dan kamera dengan hasil yang layak.

DESAIN & LAYAR SONY XPERIA M2 DUAL

Bahan dasar yang digunakan bodi Xperia M2 terbuat dari bahan plastik, namun pihak Sony telah bekerja keras dengan memberikan tampilan layaknya Xperia Z2. Tampil dengan bentuk persegi panjang dengan kedua sisi mengkilap seperti kaca meskipun terbuat dari plastik.

Xperia M2 menawarkan layar 4,8 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel yang layak dengan perlindungan Gorilla Glass 3 diatasnya. Dengan 229 ppi, layar tidak setajam Motorola Moto G dengan 720p atau bahkan dari layar Moto E yang memiliki 256ppi. Selain itu layar juga tidak memiliki lapisan oleophobic sehingga saat anda menyentuh layar akan meninggalkan sidik jari. Meskipun begitu layar yang disuguhkan Xperia M2 masih terlihat terang dengan sudut pandang yang sangat baik bahkan untuk menonton video berkualitas HD.

KONEKTIVITAS SONY XPERIA M2 DUAL

Sony Xperia M2 Dual dibekali dengan dukungan dua SIM card yang memiliki kemampuan dual standby sehingga anda bisa menerima panggilan disalah satu SIM dan masih bisa menerima panggilan di sisi lain. Anda bahkan dapat menahan panggilan pertama dan menerima panggilan kedua di kartu SIM yang berbeda. Ponsel ini juga mendukung jaringan 3G untuk semua model yang ada sedangkan jaringan 4G di tujukan untuk pasar tertentu.

Konektivitas lain yang dimiliki Xperia M2 Dual juga terbilang lengkap, ada Wi-Fi a / b / g / n dan Wi-Fi Direct. Selain itu juga ada Bluetooth 4.0, GPS dan GLONASS serta Radio FM dengan RDS. Ponsel ini juga telah dibekali konektivitas NFC dengan mendukung Android Beam yang bisa digunakan mengirim file keperangkat Android lainnya.

Xperia M2 Dual juga sudah bisa dihubungkan dengan berbagai aksesoris lain seperti monitor denyut jantung, sepeda meter dan lainnya melalui koneksi ANT+. Untuk koneksi dengan perangkat komputer tersedia microUSB 2.0 yang juga berfungsi untuk pengisian. MicroUSB 2.0 juga bisa digunakan dalam mode USB On-the-go untuk dihubungkan dengan perangkat USB seperti pen drive, keyboard atau USB hard drive.

SOFTWARE SONY XPERIA M2 DUAL

Sony Xperia M2 Dual menjalankan Android 4.3 Jelly Bean dalam peket penjualannya. Meskipun begitu, Sony sudah menjanjikan akan memberikan update ke versi KitKat meskipun belum ada informasi ketersediaannya dalam waktu dekat.

Untuk antarmuka yang dibawanya menampilkan Xperia UI versi terbaru yang juga digunakan dalam Xperia Z1 dan Z1 Compact. Pada bagian kunci layar terdapat dua buah slider dengan pilihan kamera dibagian kanan dan akses ke widget yang mendukung di bagian kiri. Lockscreen dapat diatur dengan Face, Pola, Pin dan password untuk keamanan. Efek transisi saat membuka atau meminimalkan aplikasi juga terlihat menyenangkan.

Sony Xperia M2 Dual juga membawa sejumlah fitur lain termasuk Keyboard Sony yang menawarkan pengalaman mengetik cepat dan mode Swype-like untuk memasukkan kata-kata dengan jari. Sony juga menambahkan aplikasi untuk musik, video dan galeri yang disebut dengan Walkman, Film dan Album.

KAMERA SONY XPERIA M2 DUAL

Tidak seperti perangkat high-end Sony yang memiliki sensor kamera besar, Xperia M2 Dual dilengkapi dengan sensor 8MP sederhana dengan Exmor RS dan image sensor dengan LED Flash. Sedangkan untuk kamera depan membawa kamera VGA. Kamera Xperia M2 Dual juga memiliki tombol shutter fisik sehingga memudahkan saat pengambilan gambar dan mengurangi resiko guncangan sehingga akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Kamera juga menawarkan sejumlah pengaturan selain mode Superior Auto yang memberikan pengaturan terbaik untuk mengambil hasil maksimal foto dalam cahaya sekitar dengan membatasi foto ke resolusi 5,4MP. Selain itu, kamera juga menawarkan beberapa mode lain termasuk mode manual.

Anda juga bisa mendapatkan pilihan mode Scane yang berbeda dan kemampuan untuk memilih resolusi dari gambar. Modus Scane juga termasuk mode malam, anti-motion blur, high sensitive, backlight HDR dan sebagainya. Modus lain termasuk Timeshift bursh, Sweep Panorama, AR Effect, Portrait retouch, Social Live dan Picture Effect.

Hasil gambar dari kamera Xperia M2 Dual untuk ruangan dengan suplai cahaya yang memadai menghasilkan foto yang bagus dan layak. Namun untuk pengambilan gambar dengan kondisi cahaya buatan atau dalam ruangan masih terlihat kurang baik dengan detail yang kurang baik. Sedangkan untuk pengambilan dalam kondisi minim cahaya masih terlihat baik dengan noise yang sedikit namun tampak kekuningan.

Kamera juga mampu merekam video 1080p dengan hasil yang layak dalam kondisi cahaya yang baik. Video yang dihasilkan akan disimpan dalam format MP4. Sayangnya pengguna tidak dapat menurunkan atau mengatur ukuran resolusi video sehingga pengambilan video harus dengan resolusi maksimal.

HARDWARE / KINERJA SONY XPERIA M2 DUAL

Xperia M2 Dual menawarkan chipset Snapdragon 400 dengan CPU octa core 1,2GHz Cortex-A7, RAM 1GB dan GPU Adreno 305. Chip ini banyak digunakan untuk perangkat mid-range lainnya seperti HTC Desire 816, Motorola Moto G dan HTC One Mini 2 sehingga ini jelas pilihan yang tepat. Ponsel ini dibekali ruang penyimpanan internal 8GB dengan 5GB tersedia bagi pengguna. Anda juga bisa menambahkan kartu microSD jika merasa kurang.

Kinerja yang dihasilkan Sony Xperia M2 Dual juga layak dan patut dipertimbangkan. Dalam pengujian tes benchmark, Xperia M2 Dual mencatat skor 17808 di Antutu 4, 8122 di Quadrant dan 59,9 di Nenamark 2. Ponsel ini juga memiliki baterai 2300mAh yang diklaim mampu memberikan waktu siaga hingga 597 jam dan waktu bicara 14 jam di jaringan 3G.

SPESIFIKASI & HARGA SONY XPERIA M2 DUAL

Fitur Utama Harga
- Layar 4.8 inci qHD
- Android 4.3 Jelly Bean
- Chipset Snapdragon 400
- Prosesor quad core 1,2GHz
- RAM 1GB
- GPU Adreno 305
- 8GB penyimpanan + microSD
- Kamera belakang 8MP
- Kamera depan VGA
- Baterai 2300mAh
More Full Spesifikasi



KESIMPULAN

Dengan harga Rp. 3 jutaan, Xperia M2 Dual merupakan pilihan yang bagus untuk smartphone Android menengah dual SIM. Kinerja yang dihasilkan perangkat ini juga mumpuni dalam menjalankan aplikasi dan game. Meskipun dari segi layar masih kurang maksimal, namun sudah cukup baik. Desain yang dibawanya juga menunjukkan gaya premium seperti Xperia Z2. Dengan kamera 8MP dengan hasil foto yang bagus juga menjadi salah satu nilai tambah dari Xperia M2 Dual.


Review lainnya:

Spec & Harga

Android

More»

BlackBerry

More»

WindowsPhone

More»

iOS

More»
TOP