Ulasan: Nokia X Dual SIM

Kategori:

Android Phone Review
Sponsored:
{[['']]}

"Nokia X Dual SIM - Smartphone pertama Nokia yang mengusung sistem operasi Android, harga terjangkau"


DESAIN NOKIA X DUAL SIM

Apakah anda pernah melihat desain Nokia Asha 503 terbaru, nah mungkin inilah kesan pertama yang kita lihat dari desain Nokia X. Line up baru seri X yang diluncurkan Nokia ini memang sepintas terlihat seperti Asha 503 dengan bentuk persegi panjang dan sisi yang tajam. Bodi terbuat dari bahan plastik mette yang kuat dengan ukuran dimensi 115,5 x 63 x 10,4 mm dan berat 128,7 gram.

Masih mengusung warna yang cerah, bodi belakang Nokia X juga dibekali dengan tampilan cerah dan cantik. Nokia X menawarkan beberapa warna pilihan yaitu Hitam, Merah, Hijau, biru, Kuning dan Putih. Android pertama yang dibawa Nokia ini juga mudah digunakan hanya dengan satu tangan karena tergolong perangkat yang mungil.

LAYAR NOKIA X DUAL SIM

Dengan desain mungil, Nokia X Dual SIM dibekali dengan layar berjenis IPS berukuran 4 inci. Meskipun tidak menyuguhkan resolusi Full HD, namun layar sudah terlihat baik dengan akurasi warna yang cerah dan tajam. Dengan resolusi 480x800 piksel dan kedalaman 233ppi sudah terasa cukup untuk layar Nokia X membawa kita untuk melihat video atau bermain dengan foto-foto favorit anda.

Namun jika anda jeli melihat layar Nokia X, pada bagian sisi-sisi terlihat adanya warna kebiru-biruan. Warna ini akan terlihat lebih jelas saat anda sedang membuka gambar dengan latar belakang warna abu-abu. Hal ini dipengaruhi karena layar Nokia X hanya mampu memproduksi warna 9320K sehingga layar terasa mengeluarkan warna yang dingin.

SOFTWARE NOKIA X DUAL SIM

Meskipun untuk hardware pada Nokia X bukan suatu hal yang istimewa, namun untuk segi software ada sesuatu yang menjadikannya berbeda dari perangkat Android lainnya.

Nokia X Dual SIM masih menjalankan Android 4.1 Jelly Bean, namun jangan khawatir karena interface yang disuguhkan terlihat cantik layaknya perangkat Windows Phone 8 dengan tampilan ubin. Namun sayangnya, tampilan ubin yang menjadi khas WP 8 ini tidak memiliki fungsi yang sama, fungsi ubin pada homescreen Nokia X hanya berfungsi statis, tidak ada kata "hidup" hanya merupakan pintasan link dari aplikasi yang ada didalam perangkat.

Selain itu layar homescreen yang menjadi ciri khas Android juga tidak bisa anda temukan disini. Semua aplikasi ditampilkan pada layar utama sehingga anda harus menggulirkannya kebawah atau keatas untuk mencarinya, namun anda juga bisa menggunakan folder untuk mengelompokkan aplikasi-aplikasi yang anda miliki.

Disisi lain ada juga antarmuka lain yang disebut Fastlane yang merupakan warisan setia dari Nokia Asha. Fastlane merupakan sebuah gulungan aplikasi yang bisa anda gesek dari kiri ke kanan atau sebaliknya untuk mendapatkan akses udah ke aplikasi seperti pemutar musik atau pesan. Anda dapat mengatur aplikasi yang akan bisa anda akses melalui Fastlane melalui menu Settings.

FITUR DUAL SIM NOKIA X

Salah satu fitur yang diusung oleh Nokia X yaitu mendukung kemampuan dual SIM. Fitur dua kartu yang dibawa Nokia X hanya mendukung dual standby sehingga anda hanya bisa menggunakan salah satu SIM saat digunakan bersamaan. Untuk fitur konektivitas hanya salah satu SIM yang mendukung jaringan 3G sisanya hanya dibatasi dengan jaringan 2G.

APP NOKIA X DUAL SIM

Tidak seperti perangkat Android pada umumnya, Nokia X tidak disertai dengan aplikasi Google Play Store. Sebaliknya, Nokia X menawarkan aplikasi dari Microsoft dan Nokia seperti navigasi. Anda juga mendapatkan aplikasi pra-instal lain untuk BBM dan Skype.

Sungguh disayangkan bahwa tidak ada Google Play Store yang menyediakan jutaan aplikasi untuk Android anda. Meskipun begitu anda masih bisa mendapatkan aplikasi favorit seperti Facebook, Twitter, Vine dan Snapchat. Namun untungnya, Nokia Store memiliki jaringan ke toko aplikasi lain seperti SlideMe dan Aptoid meskipun jumlah aplikasi yang tersedia tidak sebanyak milik Google Play Store.

KINERJA NOKIA X DUAL SIM

Kinerja yang dihasilkan oleh Nokia X tidak ada yang istimewa. Hanya dibekali dengan prosesor Cortex A5 1GHz dengan RAM 512MB sungguh sesuatu yang tragis melihat vendor lain sudah memberikan hardware yang lebih baik untuk pasar yang setara. Untuk daya baterai diberikan kapasitas 1500mAh.

Dari sektor kamera juga sangat standar, hanya ada kamera 3MP tanpa tambahan lampu flash. Selain itu tampilan antarmuka kamera Nokia X juga kurang mengesankan, hanya ada pengaturan ISO dan beberapa tweak lain.

PENILAIAN NOKIA X DUAL SIM

  • Desain : 7/10
  • Layar : 5/10
  • Prestasi : 5/10
  • Kinerja : 5/10
  • Suara : 6/10
  • Software dan App : 4/10

HARGA & SPESIFIKASI




Review lainnya:

Spec & Harga

Android

More»

BlackBerry

More»

WindowsPhone

More»

iOS

More»
TOP