Samsung Z resmi diluncurkan, Smartphone pertama dengan OS TIZEN

Kategori:

Berita Phone
Sponsored:
{[['']]}

"Setelah menjadi rumor selama berbulan-bulan dan mengalami beberapa penundaan akhirnya Samsung resmi memperkenalkan smartphone berbasis Tizen pertamanya dengan nama Samsung Z"

Samsung telah resmi memperkenalkan handset barunya dengan membawa sistem operasi Tizen. Samsung Z akan menjadi smartphone pertama yang akan menjalankan platform Tizen dan akan dijual secara komersial ke pasaran. Perangkat ini akan dipamerkan dalam acara Tizen Developer Conference di San Francisco pada pekan ini.

Spesifikasi Samsung Z termasuk perangkat high end dengan menawarkan layar Super AMOLED 4,9 inci beresolusi 720p. Perangkat ini juga dibekali dengan prosesor 2,3GHz quad core (mungkin Snapdragon 800), RAM 2GB dan penyimpanan 16GB yang didukung slot microSD. Tizen pertama ini juga dibekali dengan kamera 8MP dibelakang, 2.1MP didepan, LTE, NFC, sensor IR dan baterai 2600mAh. Sedangkan untuk versi OS Tizen yang menjalankannya akan membawa versi 2.2.1.

Samsung Z akan memiliki homescreen khas dari Tizen, menggunakan tampilan Dynamic Box dan Theme Color yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Untuk desain yang dibawanya terlihat kotak persegi panjang dengan lengkungan kedalam disisi belakang. Sedangkan penutup belakangnya bergaya faux-leather yang sebelumnya dibawa oleh Galaxy Note 3.

Perangkat ini juga akan memiliki sensor sidik jari dan sensor denyut jantung seperti pada Galaxy S5. Selain LTE, konektivitas lain yang tersedia diantaranya Wi-Fi, GPS, Bluetooth dan port USB serta juga membawa satu set standar sensor.

Samsung Z akan tersedia pada kuartal ketiga tahun ini dan akan mulai dijual di Rusia dan negara lain setelahnya. Belum ada kata harga, namun diperkirakan ini akan menyasar kalangan menengah dan diharapkan akan masuk pasar Indonesia sebelum akhir tahun ini. Samsung Z akan tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu hitam dan emas.

Spesifikasi Samsung Z berbasis Tizen OS
  • Layar 4,9 inci Super AMOLED, resolusi 1280 x 720 piksel
  • Prosesor quadcore 2,3GHz
  • RAM 2GB, Penyimpanan 16GB plus slot microSD
  • LTE-A, WiFi, Bluetooth, GPS, MicroUSB, NFC
  • Kamera utama 8MP, sekunder 2,1MP
  •  Sensor IR, Fingerprint, Sensor denyut jantung, Compass, Accelerometer, Gyro, Proximity, Barometer
  • Baterai 2600mAh
  • OS Tizen 2.2.1
Sumber
-SamMobile


Berita lainnya dari Samsung:

Spec & Harga

Android

More»

BlackBerry

More»

WindowsPhone

More»

iOS

More»
TOP