Google dan Apple bersaing dalam merayu para pengembang game eksklusif

Kategori:

Berita
Sponsored:
{[['']]}

"Demi Platform mobile mereka, Google dan Apple terlibat persaingan untuk merayu para pengembang untuk mendapatkan game terbaik"

Berdasarkan laporan baru-baru in, Google dan Apple sedang bersaing untuk mendapatkan game-game eksklusif dengan sama-sama memberikan penawaran menarik bagi para developor game. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan tujuan mereka dalam memberikan layanan aplikasi pada toko aplikasi mereka.

Saat ini kita tahu bahwa Play Store milik Google berkembang jauh lebih besar dibandingkan App Store milik Apple, namun kenyataannya kedua perusahaan tersebut tetap sengit untuk bersaing dalam mengamankan judul-judul game eksklusif untuk toko aplikasi mereka.

Tidak seperti Sony dan Microsoft yang menggunakan nilai uang demi mendapatkan sebuah game eksklusif. Persaingan antara Google dan Apple tidak semata-mata didasarkan pada nilai uang semata, namun menawarkan sesuatu yang lebih berharga. Kedua perusahaan tersebut memberikan penawaran tempat yang premium untuk game-game eksklusif dalam toko app mereka.

Berdasarkan laporan tersebut, EA memiliki kesepakatan dengan Apple dengan memberikan waktu 2 bulan lebih dulu untuk App Store dibandingkan Google Store saat meluncurkan game Plant vs Zombie 2.

Begitu juga untuk ZeptoLab yang merupakan pengembang game populer Cut The Rope. Dalam kesepakatan tersebut Apple diberikan 3 bulan eksklusif untuk memajang game tersebut, tentunya dengan imbalan besar untuk mendapatkan promosi di App Store.

Penawaran dari Google dan Apple untuk menempatkan game pada bagian yang menonjol pada toko aplikasi memberikan kesempatan bagi para pengembang mendapatkan download dari pengguna hingga 10x lipat bahkan bisa lebih.

Bukan hanya bagi para pengembang game yang akan mendapatkan keuntungan. Ketersediaan game-game eksklusif pada masing-masing toko aplikasi juga mempengaruhi perkembangan perangkat mobile kedua perusahaan tersebut untuk mendapatkan konsumen yang lebih besar. Penjualan aplikasi pada tahun lalu menembus angka 16 juta USD dengan 70% diantaranya berasal dari penjualan game. Selain itu, konsumen akan lebih cenderung memilih perangkat mobile yang mendukung aplikasi atau game favorit mereka.

Sumber
- The Wall Street Journal via PhoneArena


Berita Terbaru lainnya:

Spec & Harga

Android

More»

BlackBerry

More»

WindowsPhone

More»

iOS

More»
TOP