Ulasan: Samsung Galaxy K Zoom

Kategori:

Phone Review
Sponsored:
{[['']]}

"Samsung Galaxy K Zoom menawarkan sensor kamera canggih terbaru dengan 20,7MP CMOS BSI dan 10x optical zoom serta dilengkapi fitur antarmuka yang ada dalam kamera profesional"


Samsung Galaxy K Zoom merupakan ponsel kamera terbaru yang resmi diluncurkan Samsung untuk tahun ini dan sebagai penerus Galaxy S4 Zoom yang diluncurkan tahun lalu. Tidak seperti sebelumnya dengan penamaan yang sama dengan flagship andalan, Samsung memberi nama berbeda pada Galaxy K Zoom meskipun ide dasar dari smartphone ini hampir sama dengan flagship terbaru Samsung Galaxy S5.

Samsung Galaxy K Zoom menjadi ponsel kamera Android dengan fitur lengkap dan beberapa bahkan tidak terdapat dalam smartphone Android lainnya saat ini. Lensa kamera terbuat dari kaca bukan plastik dan menawarkan hingga 10x optical zoom.

DESAIN & FITUR SAMSUNG GALAXY K ZOOM

Ponsel kamera terbaru Samsung ini memang sedikit lebih tebal dibandingkan ponsel Samsung Galaxy lainnya. Hal ini disebabkan adanya tambahan sensor kamera belakang yang menjadi fitur utamanya. Samsung Galaxy K Zoom memiliki ketebalan 16,6mm disebagian besar bodinya dan 20,2mm untuk ketebalan yang diukur dari bodi kamera.

Pada bagian belakang bodinya terlihat memiliki kurva yang halus dengan bentuk lesung yang menipis dibagian sisinya. Dalam cangkang belakang juga merupakan akses untuk kartu SIM (microSIM) dan baterai. Samsung Galaxy K Zoom akan tersedia dalam 3 warna pilihan, Hitam, Abu-abu dan Putih.

LAYAR SAMSUNG GALAXY K ZOOM

Layar yang digunakan Galaxy K Zoom merupakan jenis layar Super AMOLED yang sama dengan yang ada dalam perangkat high-end Samsung lainnya. Memiliki ukuran 4,8 inci dengan resolusi 720p, tidak hanya dari segi ukuran yang lebih kecil dari Galaxy S5, resolusi layar sepertinya juga lebih rendah yang mungkin ditujukan untuk memangkas harga jual Galaxy K Zoom lebih murah dibandingkan Galaxy S5.

KAMERA SAMSUNG GALAXY K ZOOM

Sektor kamera merupakan salah satu fitur yang menjadi andalan dari Galaxy K Zoom. Smartphone ini dibekali dengan  10x optical zoom dengan panjang titik setara 24-240mm di titik standar 35mm. Ini merupakan panjang zoom yang fleksibel saat anda ingin mengambil objek yang jauh dengan hasil yang tetap bagus dibandingkan ponsel kamera biasa lainnya.

Teknologi sensor kamera Galaxy K Zoom juga digunakan pada Galaxy S5 namun lebih besar dengan 20,7MP BSI dengan ukuran 1/2.3 inci. Kamera ini juga dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) yang memberikan hasil terbaik dan cepat meskipun dalam situasi rendah cahaya sekalipun. Kamera Galaxy K Zoom juga dibekali lampu LED Flash Xenon yang mampu memberikan jangkauan suplai cahaya yang baik walaupun dalam kondisi rendah cahaya.

APP & MODE KAMERA SAMSUNG GALAXY K ZOOM

Samsung telah merancang Galaxy K Zoom sebagai ponsel dengan kemampuan kamera yang lebih unggul dibandingkan kamera ponsel standar. Anda akan lebih banyak menemukan mode dan app di Galaxy K Zoom yang tidak ada dalam Galaxy S5 sekalipun.

Berikut beberapa mode yang ada dalam Galaxy K Zoom dan tidak bisa anda dapatkan dalam kamera ponsel standar:

Mode AF / AE
Mode ini memungkinkan anda untuk memilih bagian terpisah dari gambar yang bertindak sebagai metering eksposure dan titik fokus. Dengan mode ini para pengguna akan mendapatkan kebebasan yang lebih kreatif saat menembak objek yang akan difoto.

Mode Pro Suggest
Meskipun terlihat aneh namun anda bisa mencoba mode ini jika diperlukan. Pro Suggest merupakan pilihan mode otomatis yang memberikan beberapa filter untuk masing-masing gambar yang akan anda ambil. Misalnya jika anda ingin mengambil objek yang dekat dengan anda, anda akan melihat berbagai pengaturan makro yang bisa anda pilih sesuai dengan situasi anda.

Mode Manual
Untuk memberikan fokus yang sesuai dengan apa yang anda pikirkan, Galaxy K Zoom juga dilengkapi dengan mode manual yang mamberikan anda pilihan untuk mengatur kecepatan rana, aperture, exposure compesation dan ISO. Namun anda hanya diberikan tingkat pengaturan yang terbatas untuk setiap pilihan tersebut.

Selfie Alarm
Samsung Galaxy K Zoom memiliki mode Selfie Alarm yang memungkinkan untuk mengambil foto selfie anda dengan hasil yang tajam.

OS & SOFTWARE SAMSUNG GALAXY K ZOOM

Galaxy K Zoom dijalankan oleh versi terbaru Android 4.4 KitKat dengan tampilan TouchWiz UI diatasnya. Tampilan antarmuka TouchWiz pada Galaxy K Zoom merupakan versi yang sama dengan yang ada dalam Galaxy S5.

Dalam TouchWiz UI ini anda akan menemukan menu Setting menjadi gulungan yang dilipat yang tampil dengan melingkar dengan warna warni. Menu Notifikasi juga diberikan gaya yang sama dengan menu Setting.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY K ZOOM

Samsung membekali Galaxy K Zoom dengan spesifikasi high-end didalamnya. Pada tampilan depan terpampang layar 4,8 inci Super AMOLED dengan resolusi 720p. Untuk dapur pacunya, disokong dengan tenaga prosesor Exynos SoC 5 Hexa yang terdiri dari quad core 1,3GHz Cortex-A7 rendah daya dan dual core 1,7GHz Cortex-A15 untuk kinerja tinggi serta didukung 2GB RAM didalamnya.

Galaxy K Zoom juga menyediakan ruang penyimpanan internal sebesar 8GB yang dapat ditambah melalui kartu microSD hingga 64GB. Sedangkan untuk pemasok daya, disediakan baterai berkapasitas 2430mAh, lebih besar dari Galaxy S4 Zoom (2330mAh) dan lebih kecil dari kapasitas baterai Galaxy S5 dengan 2800mAh.

Untuk spesifikasi lengkapnya bisa anda lihat dibawah ini:



KESIMPULAN SAMSUNG GALAXY K ZOOM

Samsung Galaxy K Zoom merupakan varian dari Galaxy S5 dengan mengandalkan fitur kamera didalamnya. Anda akan mendapatkan kamera dengan kualitas yang bagus dan fitur layaknya yang ada dalam kamera profesional. Ini bisa menjadi alternatif lain bagi anda yang mengharapkan kamera yang bagus dengan fungsi telepon yang mumpuni.


Lihat juga Review lainnya :

Spec & Harga

Android

More»

BlackBerry

More»

WindowsPhone

More»

iOS

More»
TOP